Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Mengucapkan Selamat Hari Pahlawan Tahun 2020

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Mengucapkan Selamat Hari Pahlawan Tahun 2020

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengucapkan selamat Hari Pahlawan Tahun 2020. Hal tersebut diutarakan Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi, Wikan Sakarinto, saat menjadi pembina upacara memperingati Hari Pahlawan Tahun 2020, di halaman kantor Kemendikbud, Senayan, Jakarta, Selasa (10/11).

“Hari pahlawan kiranya tidak hanya sekadar diingat pada setiap tanggal 10 November saja, namun lebih dari itu perjuangan dan pengorbanan para pahlawan yang telah mempertaruhkan nyawanya untuk mempertahankan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia perlu terus dikenang oleh kita semua. Selamat Hari Pahlawan Tahun 2020,” demikian disampaikan Wikan saat membacakan Sambutan Menteri Sosial (Mensos) Republik Indonesia, Juliari P. Batubara.

Tahun ini, peringatan Hari Pahlawan 2020 mengangkat tema “Pahlawanku Sepanjang Masa”. Tema tersebut menurut Wikan, menjadi pendorong dalam menumbuhkan kepedulian generasi muda terhadap perjuangan para pahlawan. ”Suatu negara hancur, jika generasi muda dijauhkan dari sejarah bangsanya. Semakin kita tahu perjuangan para pahlawan dalam memperebutkan kemerdekaan, maka akan semakin cinta kita dengan negara ini,” ujarnya.

Semangat kepahlawanan yang terus menyala, kata Wikan saat melanjutkan membaca sambutan Mensos RI, dapat dijadikan sebagai motor penggerak dalam upaya mengisi kemerdekaan untuk mewujudkan cita-cita para pendiri negeri. Apabila setiap anak bangsa Indonesia tertanam semangat dan nilai-nilai kepahlawanan yang terdiri dari percaya kepada Tuhan Yang Maha Esa, rela berkorban, pantang menyerah, suka membantu, bergotong royong, maka berbagai permasalahan bangsa akan dapat diselesaikan dengan baik.

“Mari tunjukkan kontribusi kita kepada bangsa dan negeri dengan mejadi pahlawan masa kini yang memiliki empati untuk menolong sesama, saling menghargai, dan menghormati satu sama lain,” pesan Mensos RI, saat dibacakan oleh Wikan.

Pelaksanaan upacara bendera memperingati Hari Pahlawan Tahun 2020, dilaksanakan secara tatap muka dan virtual. Secara tatap muka, pelaksanaan upacara dilakukan khidmat di halaman kantor Kemendikbud yang dihadiri oleh perwakilan pejabat dan pegawai, dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat, dan dilakukan rapid test sebelum upacara dimulai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *